Lomba Syarhil Qur’an Tingkat SMA/MA Sederajat


I.Ketentuan Umum

  1. Peserta dalam satu grup terdiri dari 3 orang (Pensyarah, Tilawah, dan Sari Tilawah).
  2. Tiap sekolah hanya boleh mengirim satu grup syarhilsaja (putra/putri).
  3. Peserta mempersiapkan 3 naskah syarhil quran dan penyerahan teks pada waktu technical meeting.
  4. Peserta hanya membawakan satu judul berdasarkan tema yang telah diberikan.
  5. Adapun tema pilihan untuk Syarhil Quran adalah sebagai berikut :
    1. Remaja masa millenium era
      • Q.S Al-maidah : 27-28
      • Q.S Hud : 42-43
      • Q.S Al –Kahfi : 13-15
    2. Menjaga ketaatan diri kepada Allah
  • Q.S An-Nur : 54
  • Q.S An-Nissa : 80
  • Q.S Ali Imran : 31
  1. Menjaga Akidah dan Kemusrikan
  • Q.S Lukman : 13
  1. Pemimpin pemimpin di jalan Allah
  • Q.S Ali-Imran : 28
  • Q.S Al-Baqarah : 30

II. Ketentuan Khusus

  1. Peserta yang ketika giliran tampilnya tiba tetapi belum hadir ditempat, maka hak tampilnya dipindah pada urutan terakhir.
  2. Peserta yang dipanggil 3 kali berturut-turut dan tidak hadir tanpa alasan yang dibenarkan, maka hak tampilnya dinyatakan gugur.
  3. Waktu penampilan tiap grup minimal 10 menit dan maksimal 15 menit
  4. Peserta dilarang membawa teks ketika tampil.
  5. Tanda mulai, persiapan berhenti, dan habisnya waktu diatur dengan isyarat ketukan :
    1. ketukan 1x sebagai tanda persiapan dan penyajian
    2. ketukan 2x sebagai tanda habisnya waktu
    3. ketukan 3x sebagai tanda waktu habis

III. Norma Penilaian Syarhil Qur’an

  1. Bidang tilawah dan adab (nilai min. 10 max. 30)
  • Tajwid dan fashahah (penilaian tentang ketepatan bacaan sesuai dengan akidah ilmu tajwid).
  • Lagu dan suara (penilaian tentang keindahan dan keharmonisan lagu serta kemerduan suara).
  • Kesopanan dan keserasian (penilaian tentang sikap, gerak, serta pakaian peserta keseluruhan sebagai satu tim).
  1. Bidang terjemah dan materi syarahan (nilai min. 10 max 40)
  • Ketepatan terjemah (penilaian tentang isi terjemah yang sesuai dengan kandungan ayat).
  • Sistematika (penilaian tentang susunan dan urutan materi yang mencakup pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan).
  • Isi (penilaian tentang keutuhan, kedalaman, keluasan, ketepatan uraian, dan kekuatan argumentasi, termasuk dalil yang digunakan).
  • Kaidah dan gaya bahasa (penilaian tentang pemakaian kata dan struktur kalimat yang benar, mengeja, dan menarik sesuai dengan kaidah bahasa dan sastra).
  1. Bidang penghayatan dan retorika (nilai min. 10 max. 30)
  • Vokal (penilaian tentang tipe suara yang jelas, utuh, dan mantap).
  • Intonasi dan aksentuasi (penilaian tentang irama dan tekanan suara yang sesuai dengan maksud yang dikandung oleh terjemah dan isi uraian).
  • Gaya dan mimik (penilaian tentang gerak anggota badan dan ekspresi wajah yang menggambarkan penghayatan terjemahan dan isi uraian).

IV. Tujuan Lomba

  1. Untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi Al-Qur’an .
  2. Meningkatkan ukhuwah islamiyah antar pelajar Aceh.
  3. Melestarikan seni dan budaya Qur’ani Aceh.

Contact Person :

  • 082364996453 (M. Fathir Al-Hadid)


About The Author

Comments

Comment has been disabled.