FIRST Agravandalas - Mengingat Kembali Kejayaan Darussalam


Tautan Lomba :Panduan FIRST Agravandalas

Seorang penulis sejarah yang baik tahu bahwa ia seorang penggubah origami. Ia membangun sesuatu, sebuah struktur, dari bahan-bahan yang gampang melayang. Sebab bahan penyusunan sejarah sesungguhnya bagaikan kertas: ingatan.”

Kutipan paragraf di atas berasal dari tulisan Goenawan Muhammad yang berjudul Origami. Barangkali benar, bahwa sejarah dari masa lalu tidak pernah bisa tegak sebagai satu tafsir yang tunggal. Ia rapuh, bergantung pada ingatan mana, ataupun siapa, yang ingin dipakai.

Dokumentasi FIRST Aviscenna 2017

Sejarah juga sangat dipengaruhi oleh relasi kuasa yang barlaku. Sebuah institusi, seperti negara, bisa menjadi salah satu penggerak sejarah yang kemudian melalui tafsir-tafsirnya membentuk kesadaran kolektif tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Oleh karena itu, kesadaran untuk mempelajari, mengingat, dan mengaktualisasikan kembali nilai-nilai yang pernah membentuk satu periode gilang-gemilang harus terus dilakukan. Hal inilah yang kemudian mendasari OSIS SMAN Modal Bangsa Arun periode 2017/2018 untuk mengangkat tema sejarah dalam perhelatan festival kali ini, dengan judul Agravandalas.

Dokumentasi FIRST Aviscenna 2017

Festival of Istiqamah, Religion & Students Art (FIRST) itu sendiri merupakan ajang kreativitas seni yang dikhususkan bagi pelajar di wilayah Aceh. Kegiatan FIRST kali ini bertujuan untuk :

  1. Membangun karakter pelajar Aceh melalui ilmu pengetahuan dan sejarah kejayaan Aceh dalam bidang pendidikan.

  2. Meningkatkan pemahaman siswa Aceh akan pentingnya pendidikan dan mengingat kembali puncak kejayaan pendidikan Islam pada masa kejayaan Aceh untuk diambil contoh keteladanannya.

  3. Meningkatkan kreativitas dan apresiasi siswa dalam bidang pendidikan guna memajukan mutu pendidikan Aceh.

  4. Mengembangkan rasa kepedulian pelajar Aceh terhadap pendidikan, dan mencetak generasi baru di masa mendatang.

  5. Memperkuat tali silaturrahmi antar pelajar Aceh.

Ajang FIRST ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 08-10 September 2018 yang bertempat di Kampus SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe. Ada berbagai cabang lomba yang diperlombakan untuk tingkat SMP & SMA sederajat. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dan syarat untuk bisa mendaftar sebagai peserta bisa dibaca di halaman Panduan FIRST Agravandalas.

Source : link.

Gallery : link.


About The Author

Comments

Comment has been disabled.